Tuesday, March 28, 2006

Mengapa Kita Gagal ?

by Goenardjoadi Goenawan

saya banyak mendapat pertanyaan teman2 yang cenderung negatif, seperti misalnya mengapa kita gagal?
kadang-kadang konsep kegagalan itu perlu kita mengerti,.
mengapa kita gagal?
karena kita harus gagal,.
bayangkan, pada waktu dulu petani kedele menemukan tahu,. pasti juga gagal ratusan kali,.
ada orang yang bisa menangkap anak panah! betul menangkap anak panah yang dilepaskan dari busur!
berapa kali dia gagal?
tentu banyak,.
mengapa kita gagal?
karena kita seharusnya tidak perlu memikirkan kegagalan itu,.
saya hari ini berangkat pagi-pagi jam 6:00 subuh ke Bintaro Jaya ke rumah Purwacaraka,.
sampai di rumah beliau jam 8:00 ternyata pesan dari sekretaris PakPurwa, kita meeting diundur jam 15:00 di plaza semanggi.
gagal?
tidak,.
kalau gagal itu berarti Purwa tidak membalas sms saya, tidak mengangkat telepon saya, atau menolak meeting dengan saya,.
karena Purwa sangat sibuk,. sibuk!
dia tidak ada waktu untuk memikirkan saya,.
jadi gimana?
Sudah beruntung, saya setelah menunggu 60 hari, akhirnya bisa bertemu dengan Purwa, akhirnya bisa bertemu, dan Purwa bisa menemui saya,.
apakah saya berhasil??
tidak juga, karena saya tidak pernah memikirkan hasilnya,.
saya hanya mencoba,,
mencoba,.
mencoba,.
karena kunci keberhasilan itu, selama kita terus mencoba, maka kita akan berhasil,
asalkan kita berhenti mencoba setelah berhasil.
suatu waktu ada 2 orang dukun yang bisa membawa hujan saling memberi resep,.
satu dukun diberi tahu tari-tarian membawa hujan,.
setelah dicaoba 3 bulan,.
kedua dukun bertemu,.
kok tari-tariannya tidak manjur?
masak?
iya tidak manjur?
bagaimana caramu menari?
seperti ini,.,.,.,.
ya betul,./
iya tidak hujan,.
hujan kok,. saya terus menari sampai hujan datang!

***
prepared by MTA

0 Comments:

Post a Comment

<< Home